Eko Yuli Irawan Sumbang Perak Kedua Untuk Indonesia

Di Trending
Eko Yuli Irawan Sumbang Perak Kedua Untuk Indonesia

Eko Yuli Irawan Sumbang Perak Kedua Untuk Indonesia

Cabang Olahraga Angkat Besi Kembali Sumbang Medali

Eko Yuli Irawan, mempersembahkan medali perak untuk Merah Putih pada Olimpiade 2016 dari nomor 62 kg di cabang olahraga angkat besi pada hari Senin, 8 Agustus 2016. Eko berhasil mengangkat total beban seberat 312 kg hasil dari angkatan snatch 142 kg dan angkatan clean & jerk 170 kg.

Medali emas nomor ini jatuh ke tangan lifter Kolombia, Oscar Alberiro Figueroa Mosquera, yang mencatat total angkatan 318 kg (142 kg dan 176 kg.). Eko hanya sekali berhasil melakukan angkatan snatch dari tiga kali percobaan. Dia berhasil mengangkat beban seberat 142 kg pada percobaan pertama, lalu dua kali gagal mengangkat beban 146 kg.

Angkatan Eko di snatch sama dengan yang didapat Figueroa. Persaingan utama terjadi antara kedua lifter tersebut menyusul didiskualifikasinya Chen Lijun dari China. Juara Dunia 2015 tersebut gagal mengangkat beban seberat 143 kg. Dengan menahan sakit di kaki, dia naik ke panggung untuk melakukan percobaan kedua. Beban tidak terangkat. Dia meninggalkan panggung dan tidak kembali untuk melakukan angkatan ketiga.

Persaingan di clean and jerk berlangsung ketat. Strategi diterapkan masing-masing lifter demi membuka peluang meraih medali. Eko sukses melakukan angkatan pertama seberat 170 kg. Figueroa juga berhasil melakukan angkatan pertama, tetapi dengan beban lebih berat yaitu 172 kg.

Eko gagal melakukan angkatan kedua seberat 176 kg, sementara Figueroa berhasil mengangkat beban dengan berat yang sama. Angkatan ketiga jadi pertaruhan. Eko naik ke panggung lebih dulu untuk mengangkat beban seberat 179 kg. Dia berhasil melakukan clean, tetapi gagal melakukan jerk.

Figueora juga gagal melakukan angkatan ketiga seberat 179 kg. Namun, total angkatannya sudah jauh di atas Eko. Figueora unggul 6 kg atas Eko dan berhak meraih medali emas. Medali perunggu nomor ini jadi milik Farkhad Khaki (Kazakhstan) yang mencatat total angkatan 305 kg (135 kg dan 170 kg).

Lifter Indonesia lainnya yang turun pada nomor ini, Muhamad Hasbi, berhasil mengangkat total beban seberat 290 kg (130 kg dan 160 kg). Bagi Eko Yuli, medali perak di Olimpiade Rio de Janeiro ini adalah medali Olimpiade ketiga yang dia sumbangkan untuk Indonesia. Dia sebelumnya meraih perunggu di Olimpiade Beijing 2008 dan perunggu lagi di Olimpiade London 2012.

Tags: #Olimpiade 2016

Owi/Butet Persembahkan Medali Emas Olimpiade Di Hari Ulang Tahun RI Ke-71
Owi/Butet Persembahkan Medali Emas Olimpiade Di Hari Ulang Tahun RI Ke-71
Tontowi/Liliyana Kalahkan Pasangan Malaysia Di Final Ganda
FIFA Cabut Sanksi Terhadap Indonesia
FIFA Cabut Sanksi Terhadap Indonesia
FIFA Cabut Sanksi Terhadap Indonesia Kabar baik
Praveen Jordan/Debby Susanto Juara All England 2016 Di Nomor Ganda Campuran
Praveen Jordan/Debby Susanto Juara All England 2016 Di Nomor Ganda Campuran
Praveen Jordan/Debby Susanto berhasil menjuarai All England

Top